Commercial spaces atau yang disebut juga bangunan komersial adalah bangunan yang sengaja didirikan untuk menghasilkan keuntungan dari aktivitas komersial bangunan tersebut bagi pemiliknya. Definisi aktivitas komersial adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan jual, beli, dan sewa. Jadi bangunan komersial merupakan bangunan yang dijual kembali ke pembeli atau disewakan selama periode waktu tertentu.
Seseorang yang menyewa atau membeli bangunan komersial umumnya akan menjual barang dan atau jasa. Contoh bangunan komersial yang digunakan untuk menjual barang antara lain kios, ruko, supermarket, mall, pasar, dan restoran. Sedangkan bangunan komersial yang dipakai untuk menjual jasa misalnya laundry, hotel, dan perkantoran.
Bangunan komersial yang akan dibahas saat ini adalah hotel, baik hotel yang dimiliki oleh swasta maupun negara.
HOTEL MILIK SWASTA
- HOTEL SANTIKA
Santika Indonesia Hotels & Resorts adalah salah satu grup hotel di Indonesia dan dikelola oleh PT. Grahawita Santika, unit bisnis Kelompok Kompas Gramedia. PT. Grahawita Santika didirikan pada tanggal 22 Agustus 1981. Santika Indonesia Hotels & Resorts telah memiliki lebih dari 40 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2006, Santika Indonesia Hotels & Resorts mengubah strateginya berdasarkan segmentasi pasar dengan membagi beberapa brand menjadi The Royal Collection, Hotel Santika Premiere, Hotel Santika, dan Amaris Hotel.
HOTEL SANTIKA PREMIERE
Hotel Santika Premiere adalah brand untuk properti
Santika Indonesia Hotels & Resort berbintang empat. Saat ini, Santika
Indonesia Hotels & Resort telah memiliki delapan properti Hotel Santika
Premiere yang tersebar di Indonesia.
• Hotel Santika Premiere Beach Resort Bali
• Hotel Santika Premiere Semarang
• Hotel Santika Premiere Jogja Hotel Santika Premiere
Seaside Resort – Manado
• Hotel Santika Premiere Jakarta
• Hotel Santika Premiere Malang
• Royal Ambarrukmo Yogyakarta Santika Premiere Dyandra
Hotel & Convention – Medan
HOTEL SANTIKA
Hotel Santika adalah brand untuk properti Santika
Indonesia Hotels & Resorts berbintang tiga. Saat ini, Santika Indonesia
Hotel & Resorts memiliki 16 properti yang tersebar di Indonesia.
• Hotel Santika Bandung
• Hotel Santika Semarang
• Hotel Santika Cirebon
• Hotel Santika Pandegiling – Surabaya
• Hotel Santika Pontianak
• Hotel Santika Makassar
• Hotel Santika Bogor
• Hotel Santika Bangka
• Hotel Santika Balikpapan
• Hotel Santika Kuta – Bali
• Hotel Santika Jemursari – Surabaya
• Hotel Santika Tasikmalaya
• Hotel Santika Bengkulu
• Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta
• Hotel Santika Banyuwangi
STRUKTUR ORGANISASI
JOB DESCRIPTION
1. Accounting Manager
a. Memberikan bantuan dan petunjuk/ arahan aspek
financial dalam memformulasikan
dan mengimplementasikan business plan, annual plan, dan monthly forecast.
b. Memaksimalkan kinerja cash flow melalui
pengawasan inventory, kredit dan penagihan, disbursement (pembayaran
dana-dana), deposit, dan remittances (pembayaran).
c. Menjalankan, mendokumentasikan, dan menetapkan sistem pengawasan yang memadai untuk semua pemasukan dan
pengeluaran asset, memastikan sistem pengawasan akan memenuhi/ memperbaiki
tingkat pelayanan tamu pelanggan).
d. Menjaga keakuratan dan ketepatan informasi
finansial, memberikan analisa,
interpretasi, dan proyeksi kepada Manajemen.
e. Memberikan dukungan
administratif kepada Manajemen melalui referensi kebijakan yang sedang berjalan, nasihat bisnis, dan bantuan operasional.
f. Menyimpan dengan aman, menjaga access untuk
semua kontrak, leases (sewa menyewa), dan other financial record
(catatan finansial lain).
g. Menindak lanjuti semua capital expenditure
sesuai pengesahan.
h. Melaksanakan inspeksi bulanan dan menguji setiap
departemen untuk memastikan penggunaan/ penurutan terhadap prosedur
dipersyaratkan.
i. Meninjau ulang (review) harga-harga dan
merekomendasikan perubahan-perubahan harga kepada General Manager.
2. Front Office Manager
a. Mengarahkan, mengkontrol, dan mengkoordinasikan
semua aktivitas:
• Penerimaan,
proses, konfirmasi reservasi
• Menjual,
registrasi, menempatkan/ mengatur kamar
• Memberikan
informasi umum
• Membantu
mengangkat baggage dan mengantar tamu ke kamar
• Menjemput dan
mengantarkan tamu dari/ ke bandara,
• kedatangan/ keberangkatan lainnya.
b. Memastikan semua aktivitas diatas dijalankan dengan benar, untuk kepuasan tamu.
c. Memperhatikan enquiries, permintaan, dan
kebutuhan VIP dan repeat guest.
d. Koordinasi dengan bagian Housekeeping,
Accounting, dan bagian lain yang berkepentingan untuk menangani guest
request, inquiries, dan complaint, dalam hal akomodasi, pelayanan, dan billing.
e. Secara rutin menginspeksi kebersihan dan kerapihan semua area menjadi tanggung jawabnya, menginformasikan secara
tertulis kepada Chief Engineer
dan atau Executive Housekeeper mengenai penggantian atau perbaikan furniture, fixture dll di kamar,
public area, dan area lainnya, bilamana diperlukan.
f. Setiap hari memeriksa 5 (lima) kamar termasuk kamar
VIP, dan menghubungi 5 (lima) tamu non-VIP untuk memastikan bila pelayanan diberikan sesuai dengan persyaratan. Kekurangan/
kesalahan akan disampaikan ke
masing-masing bagian dan memeriksa apakah sudah dilakukan follow up.
3. Executive Housekeeper
a. Memastikan produk dan pelayanan yang diberikan
kepada tamu sesuai dengan standard perusahaan. Selalu menjaga, mengerti dan
melaksanakan standard operasional dalam perilaku pekerjaan sehari-hari.
b. Menjalankan jadwal inspeksi housekeeping area
secara rutin bersama dengan Assistant Executive Housekeeper atau
Supervisor.
c. Menginspeksi kamar tamu, public areas, dan back
of the house secara acak bersama-sama dengan Executive Assistant
Manager, Front Office Manager, dan Chief Engineer.
d. Dengan benar. Melaksanakan pekerjaan mengikuti Memastikan pemakaian peralatan, dan bahan kimia prosedur,
kebijakan dan standard yang ditetapkan perusahaan.
e. Memastikan setiap kamar tamu, termasuk VIP, repeat
guest, mendapatkan perhatian karyawan housekeeping.
f. Memeriksa pesanan dan replacement report dari
Assistant Executive Housekeeper, Laundry Manager, dan Supervisor.
4. Manajer food & beverage
a. Mengarahkan, mengawasi, dan meng-koordinasikan:
1. Pelayanan di outlet dan function.
2. Kebersihan dan perawatan outlet, area kerja, tableware, utensils serta peralatan dipergunakan.
b. Memastikan standard pelayanan dijalankan di outlet
dan function.
c. Melakukan koordinasi dengan kitchen dan
departemen lain, untuk memastikan setiap persiapan function, festival,
dan program-program lainnya telah dijalankan.
d. Melakukan survey ke pasar-pasar lokal dan atau
sumber lainnya sebagai bahan
pertimbangan untuk memutuskan penggunaan bahan-bahan makanan yang diperlukan.
e. Mencari spesifikasi terbaru bahan-bahan makanan,
meng-informasikan executive chef, cost control dan purchasing.
f. Mempersiapkan, dan meng-up date buku panduan
operasional food & beverage.
g. Mengawasi standard porsi makanan di outlet
maupun banquet. Mengambil tindakan koreksi bilamana diperlukan.
5. Duty Manager (PM & Night Shift)
a. Supervisi semua karyawan bagian Front Office untuk
mengoptimalkan tingkat hunian (occupancy),
dan nilai jual rata-rata per kamar (average room rate). Memaksimumkan pendapatan (revenue) di
Business Center, dan
other revenue.
b. Memonitor semua karyawan bagian Front Office
untuk memastikan setiap tamu mendapatkan pelayanan cepat, tepat, dan
bersahabat.
c. Memonitor karyawan Guest Relation untuk memperhatikan
dan memberikan personal recognition kepada VIP dan repeat guest.
d. Memonitor karyawan Uniform Service untuk
memastikan setiap message
(pesan) dan fax ditangani dengan benar dan secepatnya diserahkan kepada tamu.
e. Menginformasikan bagian lain, terutama bagian Sales,
Housekeeping, dan Food & Beverage mengenai hal-hal yang perlu
mendapatkan perhatian.
f. Secara rutin menginspeksi kebersihan dan kerapihan Lobby,
Reception, Information Desk, Business Centre, Hotel Shop, Car Park. Menginformasikan secara tertulis kepada Chief Engineer
dan atau Executive
Housekeeper mengenai penggantian atau perbaikan furniture, fixture dan lain-lain, bilamana diperlukan.
g. Setiap hari memeriksa 5 (lima) kamar termasuk kamar
VIP (sebelum arrival), dan menghubungi 5 (lima) tamu non-VIP untuk
memastikan bila pelayanan yang diberikan sesuai dengan persyaratan.
Kekurangan/ kesalahan akan disampaikan ke masing-masing bagian dan memeriksa
apakah sudah dilakukan follow up.
h. Secara rutin memeriksa keakuratan data guest credit
dan billing instruction,
apakah sesuai dengan kebijakan kredit yang telah ditetapkan.
6. Sales & Marketing Manager
a. Mengkoordinasikan rencana penyusunan program kerja
departement Sales
Marketing termasuk Public Relasions.
b. Merumuskan strategi penjualan kamar bersama Front
Office Manager.
c. Merencanakan, memantau, menkoordinasikan kegiatan sales
and Marketing.
d. Membuat analisa serta memposisikan segmentasi pasar
harga terhadap hotel -hotel kompetitor.
e. Memantau,mengarahkan serta membantu kegiatan Public
Relation agar selalu tercipta hubungan baik dengan pelanggan.
f. Menghadiri atau mewakili manajemen dalam pertemuan Marketing
di tingkat Corporate, Casa Grande, serta kegiatan pasar wisata, memantau
dan memastikan kualitas pelayanan khususnya dalam Room Division tetap secara konsisten terjaga baik.
g. Memantau dan memastikan semua kegiatan administrasi
di Sales & Marketing
dan sesuai dengan ketentuan.
h. Memantau kegiatan penilaian Guest Room,
fasilitas lainnya sesuai dengan standar.
i. Memberikan usulan pelatihan menyangkut kegiatan sales &
Marketing.
7. Chief Engineer
a. Mempersiapkan jadwal preventive maintenance
untuk semua pekerjaan elektrikal, mekanikal, plumbing dan sanitary, boiler,
audio dan sound, serta carpenting dan building.
b. Membantu, bekerja sama dengan bagian Sales dan
Food & Beverage untuk program-program khusus di hotel, antara lain food
festival, specialty night dan lain-lain.
c. Melaksanakan latihan kebakaran secara berkala,
bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran setempat.
d. Merancang dan mengembangkan sistem pengawasan inventory
FF&E serta peralatan engineering di gudang (store).
e. Memformulasikan jadwal inspeksi untuk mencakup
keseluruhan area yang menjadi tanggung jawabnya.
f. Menindak lanjuti permintaan perbaikan dan perawatan
(work order) dari bagian-bagian yang ada di hotel seperti: Housekeeping,
Laundry, Food & Beverage, Kitchen, Front Office dan lain-lain.
HOTEL MILIK NEGARA
HOTEL INNA DHARMA DELI
Hotel Mijn de Boer (lebih populer dipanggil Hotel de Boer,
kini bernama Hotel Inna Dharma Deli) adalah
sebuah hotel bergaya kolonial yang terletak di Jalan Balai
Kota, Medan Petisah, Medan, Indonesia. Hotel ini dibangun pada
tahun 1898 oleh Pengusaha Belanda bernama Aeint Herman
de Boerdan.
Hotel Dharma Deli adalah satu unit Hotel dari PT.
Natour (National Hotels and Tourism Corp (td). Yang merupakan Persero
Pemerintah dibawah lingkungan Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi
Republik Indonesia, yang bergerak dalam bidang Jasa, Perhotelan, dan
Restaurant.
CABANG INNA HOTEL
Inna Hotels ada di Sumatera, Jawa,
dan Bali dengan total jumlah hotel adalah 14 buah.
Bali
• INAYA Putri Bali Nusa Dua
• Grand Inna Kuta
• Inna Bali Heritage
• Inna Grand Bali Beach
• Inna Sindhu Beach
Jawa
• Inna Garuda Yogyakarta
• Inna Samudra Beach Palabuhanratu Hotel
• Inna Simpang
Sumatera
• INNA DHARMA DELI
• Grand Inna Muara
• Inna Parapat
• Inna 8 Teluk Betung Lampung
STRUKTUR ORGANISASI
JOB DESCRIPTION
1. General Manager
General Manager
Natour Dharma Deli Medan, bertanggung jawab kepada Dewan Direktur PT. Natour
(Natour Ltd). Jadi semua aktifitas yang berlangsung dilingkungan Hotel Dharma
Deli Medan merupakan tanggung jawab dari General Manager yang wajib dilaporkan
setiap tahunnya kepada Dewan Direksi PT. Natour (Natour Ltd).
General Manager langsung membawahi Exekutive Assistent Manager, Accountant, Marketing Manager, Chef Engineer dan Man
Power Manager. Adapun tugas dari General Manager adalah sebagai berikut:
a. Melakukan pembinaan operasional sehingga
tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas service yang baik serta
melakukan pembinaan dalam hubungan masyarakat.
b. Melakukan Pembinaan atas segala kegiatan dibidang admistrasi keuangan, material, pembinaan personil dan bidang lainnya yang
ada dilingkungan perusahaan sehingga
tercapai keharmonisan dalam perusahaan.
c. Pengendalian dan pengawasan opersional atau melakukan rencana dan program dari setiap unit kerja.
2. Marketing Manager
Marketing
Manager bertanggung jawab langsung kepada General Manager, dan Marketing
Manager membawahi Marketing Analyst, Sales Manager, Public Relation Manager,
dan Sekretaris Marketing Manager.
Adapun tugas dari Marketing Manager adalah:
a. Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dalam bidang operasi dan administrasi pemasaran.
b. Membuat laporan akhir bulan kepada General Manager
mengenai hasil pekerjaan dan jumlah biaya yang terpakai sebagai biaya pemasaran
dan promosi.
3. Sales Manager
Sales Manager
bertanggung jawab langsung kepada Marketing Manager, dan Sales Manager
mempunyai bawahan Sales Executive dan Sales Representative yang sama-sama
bertanggung jawab mengenai Penjualan produk-produk perusahaan yang dipasarkan oleh Sales Manager baik
yang didalam perusahaan maupun
diluar perusahaan.
Adapun tugas dari Sales Manager adalah:
a. Memasarkan produk-produk Hotel Inna Dharma Deli
serta jasa-jasa lainnya, kepada pihak luar, agar penjualan produk hotel dan
jasa lainnya dapat ditingkatkan.
b. Bertanggung jawab atas jumlah produk yang dijual
atau dipasarkan baik didalam maupun diluar perusahaan.
c. mengkoordinir tugas dan pemasaran dalam bidang
pemasaran dan
pembuatan brosur-brosur Hotel.
4. Marketing Analyst
Marketing
Analyst bertanggung jawab langsung kepada Marketing Manager atas
tugas-tugas yang diberikan dan Marketing Analyst mempunyai bawahan data Processor yang sama sama mepunyai tugas
sebagai berikut:
a. Mempelajari dan melakukan Analisis reaksi Pelanggan
terhadap kebijaksanaan perusahaan
dalam menentukan harga, pelayanan perusahaan dalam melayani tamu,
b. Memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum Pelanggan
tentang perusahaan.
5. Public
Relation Manager
Public
Relation Manager bertanggung jawab kepada Marketing Manager. Dan Public
Relation Manager membawahi Public Relation Officer dan ArtMan. Adapun tugas dari Public Relation Manager adalah:
a. Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas
penyampaian informasi atau pesan secara lisan, tertulis, atau melalui gambar
(visual) kepada Pelanggan, sehingga Pelanggan mempunyai pengertian yang benar
tentang hal Ikhwal Hotel dan segenap tujuan serta kegiatan yang dilakukan
Hotel.
b. Menyelenggarakan hubungan yang baik dengan
Pelanggan dan Media Massa untuk
memperoleh public Opini dan perubahan sikap.
c. Mengembangkan serta menberikan pengarahan kepada
semua anggota tentang program-program
rencana kerja organisasi, keharusan pelaksanaan tugas performance dan
mengadakan peningkatan hubungan dengan departemen yang lainnya.
6. Marketing Manager Secretary
Marketing
Manager Secretary bertanggung jawab langsung kepada Marketing Manager dan
mempunyai tugas sebagai Sekretaris Marketing Manager
PENUTUP
Hotel merupakan salah satu bangunan komersial. Seperti
yang terlihat dari penjelasan sebelumnya, struktur organisasi hotel swasta dan
hotel milik negara hampir sama, namun hotel swasta memiliki bagian-bagian yang
lebih banyak dan berbeda sesuai dengan bidangnya. Hal ini dapat melemahkan daya
saing hotel negara karena kurangnya manajemen yang lebih fokus pada suatu bagian
dapat menyebabkan sistem hotel tersebut menjadi kurang baik.
Sebagai saran,
sebaiknya struktur organisasi pada sebuah hotel memiliki bagian yang lebih
terfokus dan mendetail pada bidang tertentu saja, sehingga pengaturan pada
bagian tersebut akan menjadi lebih baik dan hal ini tentunya akan mempengaruhi
kualitas pada hotel tersebut.
Komentar
Posting Komentar